Jurnal Sains dan Kesehatan (J. Sains. Kes),

Jurnal Sains dan Kesehatan (J. Sains. Kes(e-ISSN 2407-6082p-ISSN 2303-0267) adalah jurnal ber-ISSN dan diterbitkan empat kali setahun pada tahun 2015.

Pada tahun 2016, frekuensi penerbitan berubah menjadi dua kali setahun.

Mulai pada tahun 2021, frekuensi penerbitan meningkat menjadi 6 kali setahun atau setiap 2 bulan sekali yaitu bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember.

Jurnal Sains dan Kesehatan diterbitkan secara daring oleh Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Jurnal Sains dan Kesehatan telah diakreditasi pada SINTA.

Jurnal Sains dan Kesehatan menerima naskah karya asli (Artikel Penelitian, Artikel Review, dan Studi Kasus), baik eksperimental maupun teoretis, dalam bidang-bidang berikut: Sains dan Kesehatan (Kedokteran, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Kebidanan, Gizi, dan lain-lain).

Tujuan penerbitan Jurnal Sains dan Kesehatan adalah untuk menyediakan informasi ilmiah tentang perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Ilmu Pengetahuan dan Kesehatan.

Biaya

Biaya submit dan publikasi pada Jurnal Sains dan Kesehatan adalah Gratis.

Penarikan Naskah

Penulis tidak diperbolehkan menarik naskah yang telah dikirimkan, karena penarikan naskah merupakan pemborosan sumber daya berharga yang telah dihabiskan oleh tim baik editor maupun reviewer dalam memproses naskah yang dikirimkan, serta pekerjaan yang diinvestasikan oleh penerbit.

Jika penulis masih meminta penarikan naskahnya (dalam tahap submission), penulis akan dikenakan denda dengan membayar US $ 1000 (seribu dolar US) per naskah, sebagai denda penarikan kepada penerbit.

Namun, merupakan perilaku tidak etis untuk menarik naskah yang telah dikirimkan dari satu jurnal jika diterima oleh jurnal lain.

Penarikan naskah setelah naskah diterima untuk publikasi (dalam tahap accepted), penulis akan dikenakan denda dengan membayar US $ 2000 (dua ribu dolar US) per naskah.

Penarikan naskah hanya diperbolehkan setelah denda penarikan telah dibayar sepenuhnya kepada Penerbit.

Jika penulis tidak setuju untuk membayar denda, penulis dan afiliasinya akan dimasukkan dalam daftar hitam untuk publikasi di Jurnal Sains dan Kesehatan.

Bahkan, artikel-artikel yang sudah dipublikasikan sebelumnya akan dihapus dari sistem daring kami.

Jika artikel sudah dipublikasikan dan penulis meminta penarikan artikel mereka, penulis akan dikenakan denda dengan membayar US $ 5000 (lima ribu dolar US).

Layanan Fast Track

Layanan Fast Track adalah suatu layanan yang diberikan khusus oleh tim editor agar artikel yang disubmit dapat diproses dengan cepat.

Layanan ini diberikan agar proses pengiriman artikel ke reviewer dapat segera dilakukan dan editor memastikan reviewer melaksanakan tugasnya dengan cepat, dan jika ada revisi serta penulis telah melakukan revisi, maka editor akan memastikan artikelnya segera dimasukan dalam daftar artikel yang akan diterbitkan pada nomor penerbitan selanjutnya.

Layanan fast track ini dikenakan biaya sebesar US $ 5000 (lima ribu dolar US) per artikel. 

Batas Revisi Naskah

Artikel yang telah direvisi oleh penulis dikirimkan melalui sistem pada akun penulis, jangan mengirimkan revisi artikel melalui email yang terkirim otomatis oleh sistem. Batas waktu revisi artikel oleh penulis adalah maksimal 2 minggu.   

Jika permintaan untuk merevisi artikel yang dikirimkan tidak dilakukan oleh penulis dalam waktu maksimal 2 minggu sejak tanggal permintaan revisi dikirim oleh editor, maka artikel tersebut dianggap mengundurkan diri untuk dipublikasikan pada Jurnal Sains dan Kesehatan dan Penulis akan dikenakan biaya penarikan artikel sebesar US $ 2000 (dua ribu dolar US)

Rekening Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan melalui Rekening Bank Mandiri dengan Nomor rekening: 1490012244440, a.n. KSU Mitra Farma

Jika Anda sudah melakukan transfer, harap konfirmasi ke email editor: (admin@farmasi.unmul.ac.id).

Frekuensi Terbit

Jurnal Sains dan Kesehatan diterbitkan 6 kali setahun atau setiap 2 bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember.

Template Artikel

Sejak Tahun 2024, Jurnal Sains dan Kesehatan hanya menerima naskah dalam Bahasa Indonesia.

Semua artikel yang tidak mengikuti template dan aturan Jurnal Sains dan Kesehatan akan ditolak untuk diproses

 

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi atau official language Konferensi Umum(General Conference) Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO, maka kami lebih merekomendasikan penggunaan Bahasa Indonesia dalam penulisan artikel yang disubmit pada Jurnal Sains dan Kesehatan. Sumber: https://setkab.go.id/en/bahasa-indonesia-named-unesco-general-conference-official-language/

Artikel Review

Minimal referensi untuk Artikel Review yang disubmit pada Jurnal Sains dan Kesehatan adalah 500 (lima ratus) referensi dan tanpa batasan waktu.

Bagaimana cara membuat Artikel Review, lihat Artikel Review dari American Chemical Society (ACS) "pada link berikut: Chemical Reviews".

Arsip Digital

Sistem Open Journal Systems mendukung sistem LOCKSS (Lots of Copies Keep Stuff Safe) untuk memastikan arsip yang aman dan permanen untuk konten jurnal.

Indeksing

Jurnal Sains dan Kesehatan terindeks pada:

         

 

Template Artikel

Sejak Tahun 2024, Jurnal Sains dan Kesehatan hanya menerima naskah dalam Bahasa Indonesia.

 

 

Announcements

Current Issue

Vol. 6 No. 2 (2024): J. Sains Kes.
					View Vol. 6 No. 2 (2024): J. Sains Kes.
Published: 2024-04-30

From Editor

Articles

View All Issues