Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah yang disubmit belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan juga tidak disubmit pada jurnal lain.
  • Naskah yang disubmit dalam format Microsoft Word (bukan PDF).
  • Naskah disusun dengan jarak satu spasi; menggunakan font ukuran 12 poin; semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan dalam teks pada titik-titik yang sesuai, bukan pada akhir naskah.
  • Naskah mengikuti persyaratan gaya dan bibliografi yang dijelaskan dalam Pedoman Penulis (Author Guidelines).
  • Harap baca semua pengumuman dengan cermat untuk memahami dengan baik (seperti biaya, dll.) sebelum mengirimkan artikel. Pengumuman dapat dilihat di link berikut: https://jsk.farmasi.unmul.ac.id/index.php/jsk/announcement

Author Guidelines

Persyaratan dan Format Penulisan

 

Persyaratan Umum

Penulis yang akan menyerahkan naskah ke redaksi Jurnal Sain dan Kesehatan harus memperhatikan persyaratan umum berikut:

  • Naskah yang ditulis harus berkaitan dengan bidang ilmu Farmasi dan kesehatan.
  • Naskah merupakan artikel asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil kajian atau penelitian.
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Editor lebih merekomendasikan penggunaan Bahasa Indonesia.
  • Naskah disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Naskah disertai keywords dalam bahasa Inggris.
  • Pengiriman naskah disertai biodata penulis, seperti nama lengkap, alamat instansi (afiliasi), dan alamat surat elektronik (email).
  • Naskah dikirim melalui online submission pada website jurnal yaitu  https://jsk.farmasi.unmul.ac.id, dengan mendaftar secara online sebagai user.
  • Naskah yang masuk akan diseleksi oleh dewan redaksi. Jika dianggap perlu, naskah akan disunting melalui konsultasi dengan penulisnya.

 Format dan Sistematika

  1. Naskah dikirim ke redaksi jurnal dalam bentuk softcopy (Word), dengan format sebagai berikut:
  • Ukuran kertas A4 (21 cm × 21,7 cm) dengan marjin halaman, kiri 3 cm, atas 3,5 cm, kanan 2,5 cm, bawah 3 cm.
  • Penulisan naskah disusun dengan jarak spasi 1, format satu kolom;
  • Penulisan judul naskah dan judul bahasan ditulis dengan huruf tebal (bold).
  1. Naskah ditulis dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
  • Judul (Times New Roman 12). Judul harus spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi atau isi dari tulisan, dan dapat menggugah rasa untuk membaca. Judul tidak perlu diawali dengan kata penelitian/analisis/studi, kecuali kata tersebut merupakan pokok bahasan. Judul dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris (bilingual),
  • Nama Penulis (Times New Roman 12). Penulis harus menggunakan nama asli (bukan nama samaran) dan tidak mencantumkan gelar kesarjanaan. Penulis korespondensi diberi tanda asterik (*).
  • Afiliasi Penulis (Times New Roman 12). Afiliasi merupakan alamat instansi/lembaga tempat penulis bekerja/berkarya/studi.
  • Korespondensi (Times New Roman 12). Korespondensi berisi alamat surat elektronik (email) penulis korespondensi.
  • Abstract dan Abstrak (Times New Roman 12). Isi abstract atau abstrak (Times New Roman 12). Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris (bilingual). Abstrak terdiri atas pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan/atau hasil kajian/penelitian. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam naskah. Isi abstrak paling banyak memuat 150 kata.
  • Kata keywords (Times New Roman 12) dan isi keywords (Times New Roman 12). Keywords atau kata kunci harus dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan kaidah/standar thesaurus. Jumlah keywords minimal tiga keywords dan maksimal lima keywords (3-5 keywords).
  • Pendahuluan (Times New Roman 12). Isi pendahuluan ditulis dengan font Times New Roman 12. Seluruh referensi yang digunakan dalam naskah (dijadikan sebagai sumber kutipan), harus ada dalam daftar rujukan (references). Referensi/sitasi menggunakan urutan penomoran angka arab dengan menggunakan kurung [angka], contoh [1] jika satu rerefensi, [2], [3] jika dua referensi dan [4], [5], [6] jika tiga atau lebih refererensi yang berurutan dan [1], [4], [7] untuk yang tidak berurutan. Nomor Pustaka/sitasi disusun berdasarkan urutan referensi yang pertama kali ditemukan pada artikel.
  • Metode (Times New Roman 12). Isi metode ditulis dengan font Times New Roman 12. Metode merupakan rangkaian kerja dalam pelaksanaan penelitian, mulai dari cara pelaksanaan pengambilan data hingga analisis data.
  • Hasil dan Pembahasan (Times New Roman 12). Isi hasil dan pembahasan dibuat dalam satu kesatuan yang utuh dan ditulis dengan font Times New Roman 12. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.
  • Kesimpulan (Times New Roman 12). Isi kesimpulan ditulis dengan font Times New Roman 12. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari hasil pembahasan penelitian yang telah dilakukan.
  • Pernyataan:
    • Ucapan Terima Kasih (optional) (Times New Roman 12). Isi ucapan terima kasih dengan font Times New Roman 12.
    • Penyandang Dana (Times New Roman 12). Tuliskan Lembaga yang memberikan dana penelitian untuk artikel yang disubmit (jika ada).
    • Kontribusi Penulis (Times New Roman 12). Tuliskan kontribusi dari masing-masing penulis pada naskah yang dibuat.
    • Etik (optional) (Times New Roman 12). Tuliskan nomor SK Etik dari komisi etik.
    • Konflik Kepentingan (Times New Roman 12).
  • Daftar Pustaka (Times New Roman 12). Isi daftar pustaka ditulis dengan font Times New Roman 12. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan Nomor contoh [1]. Penulisan dan penyusunan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi reference manager seperti Endnote dan lain-lain.
  • Saran Reviewer (Tuliskan Nama, email, and afiliasi (harus berbeda afiliasi dengan penulis) dari saran reviewer yang diajukan

 

  1. Penulisan Tabel dan Gambar
  • Judul Tabel (Times New Roman 12). Isi tabel ditulis dengan font Times New Roman 12. Judul tabel ditulis di atas Tabel ditulis secara berkelanjutan, misalnya Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dst. Tabel harus diikuti dengan sumber tabel, jika dikutip dari sumber lain.
  • Judul Gambar (termasuk diagram, grafik, bagan, sketsa, prototipe, database) (Times New Roman 12). Judul gambar ditulis di bawah objek gambar. Objek ditulis secara berkelanjutan, misalnya Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3, dst. Objek harus diikuti dengan sumber objek, jika dikutip dari sumber lain.
  • Tabel dan Gambar jumlah totalnya adalah 5 buah. Misalkan tabelnya ada 2 buah, maka gambar yang boleh maksimal 3 buah.

 

  1. Penulisan Kutipan

Kutipan adalah gagasan atau pemikiran penulis lain (atau penulis sendiri dalam karya lain) yang dijadikan sumber referensi untuk dikutip tanpa mengubah maknanya. Penulisan kutipan naskah pada Jurnal Sains dan Kesehatan menggunakan sistem [angka arab], contoh [1] jika satu rerefensi, [2], [3] jika dua referensi dan [4], [5], [6] jika tiga atau lebih refererensi yang berurutan, dan [1], [4], [7] untuk yang tidak berurutan. Penulisan kutipan naskah jurnal Sains dan Kesehatan sebaiknya menggunakan aplikasi reference manager seperti Endnote dan lain-lain.

Contoh: Format Penulisan Kutipan Naskah Jurnal Sains dan Kesehatan

Untuk memudahkan dan mengoptimalkan pelayanan akreditasi jurnal ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menerapkan sistem teknologi informasi yang memungkinkan akses informasi secara online [1].

Terbitan berkala ilmiah adalah publikasi yang diterbitkan secara berkala dalam kurun waktu tertentu yang disusun berdasarkan kaidah penulisan ilmiah [2].

  1. Penulisan Daftar Pustaka atau Rujukan

Daftar pustaka adalah semua sumber bahan bacaan atau literatur yang dijadikan kutipan penulisan naskah. Penulisan dan penyusunan daftar pustaka naskah Jurnal Sains dan Kesehatan menggunakan aturan Numbered Style (contoh [1] jika satu rerefensi, [2], [3] jika dua referensi dan [4], [5], [6] jika tiga atau lebih refererensi yang berurutan, dan [1], [4], [7] untuk yang tidak berurutan). Daftar pustaka sebaiknya dikelola dengan aplikasi reference manager seperti seperti Endnote dan lain-lain.

Nomor Pustaka/sitasi disusun berdasarkan urutan referensi yang pertama kali ditemukan pada artikel.

Contoh style penulisan daftar pustaka:

[1] Author 1, Author 2, dan seterusnya hingga Author terakhir, Year, Title of Article, Name of Journal, Volume, (Number), Pages. (Reference style for journal)

[2] Author, Year. Title. Publisher. Place (reference style for book)

[3] Dan seterusnya…….

 

Template Artikel 

Sejak Tahun 2024, Jurnal Sains dan Kesehatan hanya menerima naskah dalam Bahasa Indonesia.

 

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan yang dinyatakan dalam jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain manapun.