Pengaruh Media Edukasi BOGIMBA (Boneka dan Dongeng Gizi Seimbang) terhadap Tingkat Pengetahuan Anak tentang Gizi di TK Islam Silmi Samarinda

  • Ainur Basirah Mulya Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Meiliati Aminyoto Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nurul Hasanah Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Keywords: Media Education, Nutritional Sciences, Early childhood

Abstract

The main causes of the nutritional problems is poor diet. Knowledge became one of the aspects that affect it. Therefore, it is extremely important nutrition education given at an early age. This study aims to determine the effect of educational media BOGIMBA (Doll and Tale of Balanced Nutrition) to the level of knowledge of children about nutrition to the type of analytical research quasi-experimental method is based on the design of one group pretest-posttest. This research sample using the entire sample of the population that met the inclusion criteria of research to obtain 51 respondents. The variables measured in this study are BOGIMBA educational media and level of knowledge of children about nutrition. From the research conducted, it was found the influence of educational media BOGIMBA to increase children's knowledge about nutrition (p = 0.000).

References

[1] BALITBANGKES. (2018). Hasil Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

[2] Kementerian Kesehatan RI. (2014). Panduan Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

[3] Mulyani, S. (2013). Penggunaan Boneka Sebagai Media Simulasi Kreatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 1(2), 20-25.

[4] Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensonal Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM, 9(2).

[5] Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

[6] Delimanugari, D. (2015). Pengembanga Media Permainan Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mi/SD Di Gungkidul. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[7] Wati, S. (2017). Pengaruh Media Panggung Boneka Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Konsumsi Buah dan Sayur di SDN 008 Kelurahan Baqa Samarinda Seberang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman, Samarinda.

[8] Desi, Mesyamtia, B., & Ginting, M. (2018). Pendidikan Gizi Melalui Permainan Wayang Terhadap Peningkatan Konsumsi Sayur Dan Buah. Jurnal Vokasi Kesehatan, 4(1).

[9] Desi, D. H., & Kusnandar. (2015). Pendidikan Gizi Melalui Permainan Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin Dan Konsumsi Protein Hewani Bagi Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 2(2), 103-113.

[10] Anggraini, E., Gunawan, T. D., & Diffah, H. (2014). Perbedaan Pengaruh Pelajaran Gizi Menggunakan Media Animasi Dan Ceramah Terhadap Pengetahuan Gizi, Sikap Dan Perilaku Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 1(2), 169-182.

[11] Delimanugari, D. (2015). Pengembanga Media Permainan Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mi/SD Di Gungkidul. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[12] Destiyani, C. (2015). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Finger Puppets Terhadap Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Baru. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak.
Published
2021-03-05
How to Cite
Mulya, A. B., Aminyoto, M., & Hasanah, N. (2021). Pengaruh Media Edukasi BOGIMBA (Boneka dan Dongeng Gizi Seimbang) terhadap Tingkat Pengetahuan Anak tentang Gizi di TK Islam Silmi Samarinda. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(2), 94-100. https://doi.org/10.25026/jsk.v3i2.235